BeritaNasionalPatiwartaphoto

Angka Kecelakaan di Pati Masuk Lima Besar se-Jateng, Jasa Raharja Datang Berikan Safety Campaign

177
×

Angka Kecelakaan di Pati Masuk Lima Besar se-Jateng, Jasa Raharja Datang Berikan Safety Campaign

Sebarkan artikel ini
#image_title

WARTAPHOTO.NET. PATI-  PT. Jasa Raharja (Persero) mengadakan kegiatan Safety Campaign Keselamatan Berstransportasi dan Kepatuhan Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor, bertempat di Pendopo Kabupaten Pati, Kamis (6/10/2022) siang.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut adalah Penjabat (Pj) Bupati Pati Henggar Budi Anggoro, Direktur Utama Jasa Raharja Rivan Purwantono, Komisi Nasional Keselamatan Transportasi Ahmad Wildan, Pengamat Kebijakan Publik Agus Pambagio, Pengacara Publik Azas Tigor Nainggolan, Dirlantas Polda Jawa Tengah, dan Anggota Komisi V DPR RI Sudewo.

Selain itu, hadir juga Kapolres Pati AKBP Christian Tobing, Kasatlantas Polres Pati beserta jajaran, Dinas Perhubungan Pati, Kepala Jasa Raharja Pati Nurvi Murdiyanto, perwakilan dari Kepala Desa di Pati serta unsur masyarakat.

Pj Bupati Pati, Henggar Budi Anggoro, menyampaikan apresiasinya terhadap Jasa Raharja yang telah menginisiasi kegiatan tersebut.

Dia mengatakan, berdasarkan data, angka kecelakaan di Kabupaten Pati merupakan terbesar ke lima di tingkat Provinsi Jawa Tengah.

“Tentunya ini perlu sekali mendapat perhatian mengingat dari 72 persen angka kecelakaan tersebut didominasi oleh remaja kelahiran tahun 2000-an,” kata dia.

Oleh karena itu, ia mengajak semua pihak untuk benar-benar memperhatikan kondisi tersebut. Sebab keselamatan bertransportasi menjadi suatu yang utama.

“Tentunya dalam forum ini, banyak yang kita dapat. Selain pemahaman tentang keselamatan bertransportasi namun juga bagaimana masyarakat memahami bahwa kendaraan yang dimiliki atau digunakan telah sesuai dengan ketentuan,” ujar dia.

Sementara itu, Dirut Jasa Raharja Rivan Achmad Purwantono, pada kesempatan ini memberikan edukasi kepada masyarakat Kabupaten Pati agar lebih mengetahui tentang keselamatan berkendara maupun mengingatkan terkait pajak bermotor.

“Kami harapkan masyarakat mendapatkan manfaat dari informasi yang disampaikan para pakar. Selanjutnya, masyarakat nantinya dapat lebih patuh dan taat dalam membayar pajak,” harap dia.

Sehingga dengan demikian, lanjut dia, masyarakat dapat menjadi pengendara yang baik dengan menjaga keselamatan.

Selain itu, Rivan Purwantono juga memberitahukan kepada masyarakat melalui Pemerintah Daerah bahwa Pati masih di peringkat kelima dengan angka kecelakaan terbesar se-Jawa Tengah. Terdapat lima kecamatan di Pati yang tercatat sebagai penyumbang angka kecelakaan yang tinggi. Adapun lima kecamatan itu ialah, Kecamatan Pati, Tayu, Juwana, Margoyoso dan Margorejo.

Rivan menyebut, sampai dengan tahun 2022, di lima kecamatan tersebut, telah terjadi sebanyak 374 kecelakaan dengan melibatkan 634 kendaraan.

Sementara, Komisi Nasional Keselamatan Transportasi, Ahmad Wildan menyampaikan, bahwa Safety Campaign ini merupakan bagian daripada sosialisasi dan rekomendasi dari Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT).

“Banyak masyarakat yang tidak memahami bahwa tidak semua sepeda motor atau kendaraan bisa digunakan di semua medan. Ini yang menjadi PR kita, bagaimana kita memberikan edukasi kepada masyarakat, anak sekolah, bapak – bapak, ibu bahwa terdapat jenis- jenis motor tertentu yang tidak boleh digunakan ke luar kota, naik gunung,” ungkap dia.

Reporter : Putra
Editor : Revan Zaen

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!