BeritaPatiwartaphoto

97 UMKM Ramaikan Pasar Imlek Bumi Mina Tani yang Digelar Kelenteng Hok Tik Bio Pati

79
×

97 UMKM Ramaikan Pasar Imlek Bumi Mina Tani yang Digelar Kelenteng Hok Tik Bio Pati

Sebarkan artikel ini

WARTAPHOTO.NET. PATI – Kelenteng Hok Tik Bio Pati kembali menggelar Pasar Imlek Bumi Mina Tani. Pasar itu akan digelar hingga 23 Januari 2023 mendatang.

Pasar Imlek ini diadakan untuk menyambut Tahun Baru Imlek 2574 Kongzili yang bertepatan pada 22 Januari 2023.

Puluhan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) turut meramaikan pasar tahunan itu. Stan mereka berjajar di Jalan Dr Setia Budi dan Jalan MH Thamrin.

Adapun pembukaan Pasar Imlek itu dimeriahkan dengan atraksi barongsai dan naga leang leong di depan kelenteng, Kamis (12/1/2023) sore.

Turut hadir pada pembukaan itu, Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata (Dinporapar) Pati, Rekso Suhartono, Anggota DPR RI Sri Wulan, Sejumlah Anggota DPRD Pati, para tokoh agama, dan sejumlah tamu undangan lainnya.

Ketua Umum Kelenteng Hok Tik Bio Pati, Edy Siswanto mengatakan, Pasar Imlek ini bisa menjadi salah satu daya tarik wisata di Pati.

“Kali ini diikuti 97 pelaku UMKM dari Pati maupun luar Pati,” jelas dia usai pembukaan.

Edy menuturkan, sejarah perayaan Imlek di Kelenteng Hok Tik Bio Pati dimulai pada tahun 2003 lalu.

“Hingga saat ini kami mencoba mengangkat potensi UMKM di Pati sekaligus mengenalkan budaya Indonesia yang sangat beragam melalui Pasar Imlek Bumi Mina Tani dan Kirab Budaya Indonesia,” ujar dia.

Dia menjelaskan, selain Pasar Imlek, pada tahun ini pihaknya juga menggelar bakti sosial.

“Kebetulan saudara-saudara kita di Pati ada yang terdampak banjir. Jadi kita bikin dapur umum, yang membagi dari unsur TNI Polri selama delapan hari,” terang dia.

Untuk diketahui, pada 22 Januari mendatang Kelenteng Hok Tik Bio Pati juga akan menyelenggarakan kirab budaya yang akan dimeriahkan barongsai, marching band, dan lainnya.

Reporter : Putra
Editor : Revan Zaen

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!