PatiPendidikan

Tak Perlu Jauh-jauh, di Pati Sudah Ada USP yang Memiliki 5 Fakultas

183
×

Tak Perlu Jauh-jauh, di Pati Sudah Ada USP yang Memiliki 5 Fakultas

Sebarkan artikel ini

WARTAPHOTO.net. PATI. Universitas Safin Pati resmi berdiri. Legalitas SK izin pendirian baru telah diterbitkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi melalui Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah VI di Semarang.

Awalnya, universitas pertama di Pati ini adalah gabungan dari 3 sekolah tinggi yakni STMIK Triguna Utama Pati, STIA ASMI Solo, dan. STIKES Duta Gama Klaten.

Penyerahan SK dilakukan secara langsung di Kantor LLDIKTI Wilayah IV Jawa Tengah di Semarang. SK diterima langsung oleh Pembina Yayasan Safin Bina Bangsa, Saiful Arifin. Universitas ini diselenggarakan oleh Yayasan Safin Bina Bangsa.

Universitas Safin Pati beralamat di Jalan Raya Pati – Tayu KM 13, Desa Ketanen Kecamatan Trangkil, Pati.

“Dengan adanya kampus di Pati ini, harapannya ya supaya generasi muda tidak perlu kuliah jauh-jauh dan menyediakan pendidikan yang terjangkau hanya di Pati. Tidak perlu ke kota lain dan anak-anak Pati ini dengan kuliah di kotanya sendiri masih bisa bantu orang tua di rumah,” terang Pembina Yayasan Safin Bina Bangsa, Saiful Arifin.

Pria yang akrab disapa Safin ini menargetkan kedepan bisa menjadi 10 besar kampus terbaik di Jawa Tengah.

Rektor Universitas Safin Pati Dr. Murtono mengungkapkan, tenaga pengajar di kampusnya mayoritas merupakan fresh graduate untuk program studi baru. Selebihnya merupakan dosen asal tiga sekolah tinggi yang bergabung dengan Universitas Safin Pati. Mereka berasal dari berbagai daerah antara lain dari Jakarta, Bogor, Tegal dan lainnya. Namun berdomisili di Pati.

Dilihat dari fasilitas, USP cukup representatif. Mulai dari laboratorium komputer, laboratorium kesehatan, cafeteria, minimarket, taman, mushola, gym, wifi, ruang seminar, perpustakaan, asrama, galeri investasi BEI, serta lapangan sepak bola.

Selain itu juga disediakan beasiswa antara lain beasiswa prestasi, KIP-kuliah, dan hafidz Alquran.

Universitas Safin Pati saat ini memiliki 5 fakultas dan 16 program studi.

  1. Fakultas Ilmu Komputer dengan program studi S-1 Teknik Informatika dan Sistem Informasi.
  2. Fakultas Ilmu Kesehatan dengan jurusan S-1 Administrasi Rumah Sakit, Keperawatan, Ners, D-3 kebidanan, dan farmasi.
  3. Fakultas Ekonomi dan Bisnis dengan program studi S-1 administrasi niaga, administrasi negara, manajemen, D-3 kesekretariatan, manajemen pemasaran, dan manajemen perkantoran.
  4. Fakultas keguruan dan ilmu pendidikan, dengan program studi S-1 pendidikan guru sekolah dasar, dan pendidikan jasmani.
  5. Fakultas hukum dengan program studi S-1 hukum.

USP mulai membuka Pendaftaran gelombang 1 pada 10 Januari – 31 Mei 2023, gelombang 2 mulai 1 Juni – 31 Agustus 2023.

Reporter: Revan Zaen

Editor: A.Muhammad

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!