BeritaPatiwartaphoto

Meriahnya Tradisi Sedekah Laut dan Bumi Bendar Juwana

1126
×

Meriahnya Tradisi Sedekah Laut dan Bumi Bendar Juwana

Sebarkan artikel ini

WARTAPHOTO. NET. JUWANA – Tradisi Sedekah laut dan bumi Desa Bendar Kecamatan Juwana, Kabupaten Pati, pada Minggu (21/4/2024) berlangsung meriah.

Dari pantauan Wartaphoto di lokasi, beberapa perahu nelayan, perahu karet Satpolair, kapal Syahbandar ikut mengawal prosesi larung sesaji. Kegiatan tradisi sedekah laut dan bumi sebagai wujud syukur atas hasil yang diperoleh para masyarakat pesisir ini rutin dilaksanakan setelah lebaran idulfitri atau lebaran kupatan.

Sebelum dilarung ke tengah muara laut Jawa, sesaji berupa kepala kerbau diarak keliling desa yang sebelumnya didoakan di balai desa setempat.

Dalam rangkaian aarak-arakan larung sesaji, terdapat barisan peserta karnaval. Mereka menampilkan beberapa jenis atraksi, seperti barongan, reog, kuda lumping, pakaian adat Jawa, karnival, body painting, drum band, putri duyung, kelompok senam dan lainnya.

Kegiatan rutin yang ditunggu masyarakat  setiap pelaksanaan sedekah laut dan bumi tersebut, selalu dipadati pengunjung, baik itu warga sekitar maupun warga dari luar.

Tak ayal, ribuan warga memadati sisi jalan yang dilintasi oleh peserta arak-arakan larung sesaji tersebut.

Mukahar, perwakilan panitia mengatakan, kegiatan tradisi sedekah laut dan bumi ini adalah warisan dari nenek moyang yang harus tetap dilestarikan.

“Kegiatan sedekah laut ini merupakan ungkapan rasa syukur nelayan kepada tuhan karena telah diberikan rezeki berupa ikan yang banyak, tradisi nenek moyang ini harus dijaga. Semoga setelah acara ini, hasil tangkapan ikan  tambah melimpah,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Desa Bendar, Sutopo dalam sambutannya mengucapkan banyak terima kasih kepada warganya atas partisipasinya dalam pelaksanaan sedekah laut dan bumi di tahun ini.

“Semoga dalam pelaksanaan acara sedekah laut dan bumi hari ini lancar dan sukses tidak ada kendala apapun,” kata Sutopo.

Untuk diketahui, rangkaian acara sedekah laut dan bumi telah dilaksanakan beberapa hari terakhir, dan puncaknya pada Minggu ini dengan mengadakan kegiatan larung sesaji, lomba tangkap bebek, ketoprak dan sebelumnya sudah dilaksanakan haul Lodang Datuk Walijoko di pulau Seprapat.

Reporter : Arton
Editor : Revan Zaen

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!