BeritaPati

Polres Pati Lakukan Tes Antigen pada Pemudik yang Terlanjur Pulang ke Kampung Halamannya

19
×

Polres Pati Lakukan Tes Antigen pada Pemudik yang Terlanjur Pulang ke Kampung Halamannya

Sebarkan artikel ini

WARTAPHOTO.NET. PATI – Jajaran Polres Pati secara proaktif melakukan pendataan pada perantau yang terlanjur mudik ke Pati. Hal itu dalam rangka mencegah persebaran Covid-19 jelang lebaran.

Kapolres Pati AKBP Arie Prasetya Syafaat mengatakan, aksi jemput bola ini dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya penularan virus corona dari para pemudik yang terlanjur masuk ke wilayah Bumi Mina Tani. Pihaknya melakukan tes cepat (rapid test) antigen pada pemudik yang belum melakukan tes secara mandiri.

Bahkan, Polres Pati juga laksanakan tracing dengan tes antigen kepada pemudik yang sudah berada di kampung halamannya.

“Kami bekerja sama dengan Puskesmas dan Dinas Kesehatan  terkait penyediaan alat rapid test antigen beserta tenaga medis,” jelas Kapolres Pati, Jumat (23/4/2021).

AKBP Arie menjelaskan, bahwa pihaknya juga melakukan pendataan pada enam pemudik di wilayah Pati Selatan. Yang mana, mereka adalah perantau dari Jakarta dan Sumatra yang mudik ke Wilayah Kecamatan Kayen, Sukolilo, dan Tambakromo.

Dari keenam pemudik itu, satu di antaranya telah melakukan tes usap (swab) secara mandiri dengan hasil negatif. Sedang, lima pemudik lainnya mendapat rapid test antigen di Posko PPKM Mikro di desa masing-masing.

Adapun dalam proses tes antigen itu,  dilakukan oleh petugas Posko PPKM, Bidan Desa, Tim Medis Urkes Polres Pati, serta Bhabinkamtibmas yang dipimpin langsung oleh Kabag Ops Polres Pati Kompol Sugino.

“Setelah dilakukan rapid test antigen pada para pemudik tersebut, hasilnya semua negatif Covid-19,” pungkas Kapolres Pati AKBP Arie.

Reporter : Putra
Editor : Revan Zaen

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!