BeritaPati

Siswa SMPN 1 Tayu Sabet Juara 2 pada Ajang World Karate Championship India

93
×

Siswa SMPN 1 Tayu Sabet Juara 2 pada Ajang World Karate Championship India

Sebarkan artikel ini

WARTAPHOTO.PATI – Salah satu siswa SMPN 1 Tayu baru saja mengukir prestasi di tingkat internasional. Ialah Raihandanu Aryasuta, yang menyabet juara 2 dalam perlombaan Budokan World Karate Championship India, pada 14 April lalu. Dia turun pada kategori kata perorangan.

Untuk diketahui siswa yang duduk di bangku kelas 8 ini sejak tahun 2019 sampai tahun 2021 telah mengikuti 14 kejuaraan. Yaitu di tingkat kabupaten sebanyak tiga kali, tingkat provinsi dua kali, tingkat nasional tiga kali, dan tingkat international enam kali.

Tak hanya itu, siswa lain yakni Jevon Elbert Sugiono yang sekarang duduk di bangku kelas 9 SMPN 1 Tayu pun sejak tahun 2019 sampai tahun 2021 berhasil memenangkan tujuh kejuaraan. Yaitu, tingkat kabupaten satu kali, sekali di tingkat provinsi, tingkat nasional tiga kali, dan tingkat internasional tiga kali. Sedang pada tanggal 6 – 8 November 2020 di Kazakhstan (kejuaraan APSKF) berhasil menyabet juara 1 kata perorangan. Selanjutnya, berhasil raih juara 2 kumite di negara Jepang dan juara 1 kata perorangan.

Kepala Sekolah SMPN 1 Tayu Sri Wahyuni mengungkapkan, siswanya telah berkali – kali mengikuti ajang sampai ke tingkat internasional, baik itu Jevon maupun Raihandanu.

“Mewakili pihak sekolah, tentu saya merasa bangga dan berterima kasih atas prestasi yang diraih anak didik saya yang telah mengharumkan nama sekolah. Bahkan membawa nama harum bangsa negara sampai di kancah internasional. Tentu ini berkat perjuangan, latihan dan kerja kerasnya hingga meraih kejuaraan karate tingkat internasional,” ujar dia saat dihubungi, Kamis (22/4/2021).

Sri Wahyuni menyebut, bahwa pihak sekolah telah memberikan dukungan berupa wadah ekstrakurikuler karate yang untuk menyalurkan bakat dan minat siswa. Bahkan, siswa juga berlatih secara mandiri di perguruannya dengan dukungan dari orang tua.

“Selama ini, terjalin hubungan kerjasama yang baik antara orang tua siswa dengan sekolah terkait pengembangan prestasi. Untuk siswa yang berprestasi tentunya sekolah akan memberikan reward berupa uang penghargaan dan memberikan dukungan secara materiil dan imateriil jika mau menghadapi perlombaan,” kata dia.

Ia berharap, atas diraihnya prestasi ditingkat internaisonal khususnya cabang olahraga karate ini bisa memacu dan memotivasi siswa yang lain untuk dapat menjuarai perlombaan di tingkat internasional baik bidang akademik maupun non akademik yang lebih banyak lagi.

 

Reporter : Putra

Editor : Revan Zaen

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!