wartaphoto

Manfaatkan Limbah Rumah Tangga, Mahasiswa KKN UPGRIS Adakan Pelatihan Pembuatan POC

39
×

Manfaatkan Limbah Rumah Tangga, Mahasiswa KKN UPGRIS Adakan Pelatihan Pembuatan POC

Sebarkan artikel ini

WARTAPHOTO.net. PATI. Mahasiswa Universitas PGRI Semarang (UPGRIS) yang tergabung dalam Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Desa Langgenharjo, Kecamatan Juwana, Kabupaten Pati, mengadakan pelatihan pembuatan Pupuk Organik Cair (POC) pada (29/02/22)

Kegiatan ini merupakan salah satu bagian dari rangkaian program kerja yang dirancang oleh kelompok tersebut. Disini kita mengadakan pembuatan POC agar masyarakat sekitar dapat memanfaatkan limbah atau sampah organik untuk dijadikan pupuk yang ramah lingkungan.

“Di Desa Langgenharjo ini kebanyakan masyarakatnya bekerja sebagai petani dan sebagian warganya suka berkebun. Oleh karena itu, dengan diadakan pelatihan pembuatan pupuk organik cair ini dapat memberikan informasi kepada warga sekitar agar bisa membuat pupuk sendiri dengan menggunakan sampah organik,” ujar Tiara salah satu anggota KKN UPGRIS.

Sebelum proses pembuatan POC dimenjalaskan pengertian dan manfaat dari POC.

“Kami menggunakan sampah dapur atau sampah rumah tangga, misalnya yaitu buah-buahan dan sayur-sayuran. Selain itu, kami juga menggunakan gula merah atau gula putih, serta cairan pupuk untuk pembuatan POC,” tuturnya.

POC singkatan dari Pupuk Organik Cair yaitu jenis pupuk berbentuk cair, tidak padat, mudah larut dalam tanah dan membawa hara yang bermanfaat untuk pertumbuhan tanaman. Pupuk Organik Cair (POC) merupakan hasil dari fermentasi. Proses fermentasi ialah perubahan enzimatik secara anaerob dari suatu senyawa organik dan menjadi produk organik yang lebih sederhana, hal ini merupakan pemanfaatan dari bioteknologi dalam pengelolaan limbah dan lingkungan.

Pembuatan POC yang dilakukan oleh Mahasiswa KKN UPGRIS ini dibantu oleh pemateri yang berasal dari desa Langgenharjo, Della Widya, S.Sci. Pembuatan POC dilaksanakan di halaman Rumah Baca Kreatif (RBK).

“Kita disini mengundang anak muda desa Langgenharjo bertujuan agar mereka dapat mendapatkan informasi dan pengetahuan baru dalam pembuatan POC, serta dapat membuat POC sendiri atau mengajarkan orang tuanya untuk membuat POC supaya bisa memanfaatkan sampah yang ada,” imbuh Tiara

Dirinya berharap, pembuatan Pupuk Organik Cair (POC) ini yaitu dapat dibuat sendiri di rumah dan menjadikan pupuk alternatif yang ramah lingkungan.

Reporter: Arton

Editor: Revan Zaen

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!