BeritaPatiwartaphoto

Beri Edukasi Literasi Media, PWI Pati Gelar Road Show Jurnalistik ke Sekolah-Sekolah

176
×

Beri Edukasi Literasi Media, PWI Pati Gelar Road Show Jurnalistik ke Sekolah-Sekolah

Sebarkan artikel ini
#image_title

WARTAPHOTO.NET. PATI – Puluhan siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 2 Pati tampak antusias menyambut kedatangan sejumlah jurnalis yang tergabung dalam Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pati, Sabtu (5/11/2022) pagi.

Adapun kedatangan sejumlah jurnalis tersebut dalam rangka menggelorakan kembali kegiatan Roadshow Literasi Media di tahun 2022. Kegiatan seperti ini pernah dilakukan pada tahun 2017.

Dalam kegiatan tersebut, Kepala SMPN 2 Pati Munif Wahyudi beserta sejumlah guru turut hadir mendampingi para siswa dari kelas VII sampai IX untuk memahami pentingnya berliterasi media.

Kepala SMPN 2 Pati Munif Wahyudi, mengapresiasi atas terselenggaranya kegiatan yang dilakukan oleh PWI Pati tersebut. Menurut dia, melalui kegiatan road show ini, siswa akan memahami tentang pentingnya literasi media, di antaranya tentang ilmu jurnalistik serta bahaya berita hoaks.

“Apresiasi yang tinggi terhadap rekan – rekan jurnalis yang tergabung dalam PWI Pati ini, semoga ilmu tentang literasi media dan jurnalistik dapat ditularkan kepada anak-anak,” kata dia.

Selain itu, ia menyebut bahwa kegiatan seperti ini merupakan yang perdana diselenggarakan di SMPN 2 Pati.

Sementara, Ketua PWI Pati M. Noor Efendi menyampaikan, road show semacam ini memang pernah digelar jauh sebelum adanya pandemi covid -19 di puluhan sekolah dan diakhiri dengan acara Festival Jurnalistik.

“Semoga para siswa yang mengikuti acara ini lebih melek media dan bisa membedakan media sosial dengan media mainstream. Ini sangat penting untuk dipahami agar informasi yang didapatkan diketahui validitasnya,” jelas dia.

Ia pun menyingung perbedaan media sosial dengan media mainstream yaitu harus ada konfirmasi. Sebab, di medsos tidak memerlukan sebuah konfirmasi ketika memposting suatu kejadian. Sementara media mainstream juga menggunakan kode etik dalam menerbitkannya.

Selanjutnya, pengurus PWI Pati menlanjutkan road show ke Madrasah Aliyah Manahijul Huda, Desa Ngagel Kecamatan Dukuhseti, untuk menghadiri acara serupa yang digelar dengan menggandeng LPS Cendekia.

Di sana, juga dilaksanakan penandatanganan MoU antara PWI Pati bersama MA Manahijul Huda . Diharapkan setelah penandatanganan ini, kerja sama tentang Literasi Media dan Pelatihan Jurnalistik dapat berjalan dengan lancar.

(Redaksi).

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!