BeritaPatiwartaphoto

Arak-arakan Gunungan Meriahkan Sedekah Bumi Dadirejo Pati

222
×

Arak-arakan Gunungan Meriahkan Sedekah Bumi Dadirejo Pati

Sebarkan artikel ini

WARTAPHOTO. NET. MARGOREJO- Ribuan warga Desa Dadirejo, Kecamatan Margorejo, Kabupaten Pati memadati lapangan sepak bola setempat untuk merayakan upacara sedekah bumi, Senin (7/6/22) pagi.

Perayaan terlihat meriah dengan menampilkan arak arak-arakan gunungan dan berbagai seni budaya lokal dari perwakilan tiap RT.

Kepala Desa Dadirejo, Sukarjo mengatakan, acara kirab gunungan ini merupakan tradisi tahunan sedekah bumi sebagai wujud rasa syukur atas hasil panen warga.

“Jadi ini adalah rangkaian acara sedekah bumi di tahun 2022  sebagai wujud rasa syukur kepada Allah SWT. Alhamdulillah mau panen raya tahun ini, dengan harapan hasil panen nantinya akan lebih melimpah,” ujarnya Sukarjo usai acara kirab.

Dia menambahkan, kegiatan kirab ini bertujuan melestarikan tradisi leluhur yang ada di desa tersebut.

“Dengan adanya kirab gunungan ini bisa membangkitkan rasa kebersamaan, guyub rukun antarwarga. Semoga di hajat bumi ini diberi keberkahan dan kelancaran rejeki,” terangnya.

Adapun kegiatan arak-arakan gunungan dimulai dari kediaman kades kemudian mengelilingi desa dan titik terakhir di lapangan Desa Dadirejo untuk didoakan kemudian diperebutkan oleh warga.

Di tempat yang sama, usai arak-arakan gunungan, warga juga disuguhi pementasan kesenian tradisional ketoprak yang mana kepala desa beserta stafnya ikut memerankannya. Pementasan itu mengambil tema “Babat Pati”.

Reporter : Arton
Editor : A. Muhammad

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!