BeritaPatiPendidikanwartaphoto

Puluhan Anak Yatim dan Duafa di Gembong Dapat Santunan dari YPI Monumen Mujahidin

70
×

Puluhan Anak Yatim dan Duafa di Gembong Dapat Santunan dari YPI Monumen Mujahidin

Sebarkan artikel ini

WARTAPHOTO.NET. PATI – Puluhan anak Yatim dan Duafa mendapat santunan dari Yayasan Perguruan Islam (YPI) Monumen Mujahidin Bageng, Kecamatan Gembong, Kabupaten Pati, Sabtu (19/11/2022) pagi.

Kegiatan yang mengusung tema “Cinta dan Santun kepada Anak Yatim dan Dhuafa” ini digelar di Lantai 2 Gedung MTs PIM Mujahidin.

Ketua Umum YPI Monumen Mujahidin Bageng, Kunadi mengatakan, kegiatan ini merupakan serangkaian acara dalam Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1444 H dan Haul Masyayikh PIM Mujahidin. Yang mana, itu telah rutin dilakukan setiap tahunnya.

“Penerima santunan ada 74 anak dari 13 SD/MI yang ada di sekitar Desa Bageng. Seperti dari Desa Plukaran, Pohgading, Gembong, Klakahkasian, dan lainnya. Selain itu juga anak yatim dan duafa dari luar daerah yang sekolah di sini,” ungkap dia usai memberikan santunan.

Ia berharap, melalui kegiatan ini, murid-murid maupun para guru madrasah setempat dapat memahami esensi dari berbagi.

“Harapannya ini bisa mendidik dan melatih diri kami sendiri dan para guru, serta masyarakat agar membiasakan diri menyisihkan sebagian rezeki untuk diberikan kepada yang berhak menerima, khususnya yatim dan duafa,” terang dia.

Sementara itu perwakilan dari panitia, Nur Cholis menjelaskan, para penerima santunan ini 80 persennya adalah anak yatim. Sedangkan lainnya merupakan duafa. Santunan itu diberikan dalam bentuk uang tunai dan paket kebutuhan pokok.

Adapun dana santunan itu berasal dari partisipasi keluarga besar pengurus yayasan, para guru, orang tua wali, serta dari para dermawan.

Untuk diketahui, selain santunan anak yatim dan duafa, rangkaian Peringatan Maulid Nabi Muhammad dan Haul Masyayikh PIM Mujahidin Bageng juga meliputi acara Khotmil Qur’an Bil Ghoib, Khotmil Qur’an Bin Nadzor oleh siswa-siswi MTs dan MA, pembacaan yasin dan tahlil, serta tahlil di maqbaroh muassis.

Sementara acara puncaknya adalah  “Mujahidin Bersholawat” bersama Habib Ali Zainal Abidin Assegaf dari Jepara, yang akan digelar di halaman kompleks madrasah setempat, pada Jumat (25/11/2022) malam.

Reporter : Putra
Editor : Revan Zaen.

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!