BeritaPatiwartaphoto

Jelang Idulfitri, Rumah Produksi Madu Mongso di Margomulyo Tayu Kebanjiran Pesanan

87
×

Jelang Idulfitri, Rumah Produksi Madu Mongso di Margomulyo Tayu Kebanjiran Pesanan

Sebarkan artikel ini

WARTAPHOTO.NET. PATI – Rumah Produksi Madu Mongso di Desa Margomulyo, Kecamatan Tayu, Kabupaten Pati, dibanjiri pesanan jelang Idulfitri 1444 H.

Madu mongso merupakan makanan olahan yang terbuat dari bahan dasar ketan. Tak jarang, makanan ini menjadi pilihan sajian keluarga di meja tamu ketika lebaran tiba.

Pemilik rumah produksi madu mongso Mom’s Susan, Susana mengatakan, pesanan madu mongso di tempatnya meningkat drastis jelang Idulfitri 1444 H. Ia mengaku sampai kewalahan memenuhi permintaan pembeli.

“Kami sampai kurang tenaga dan kewalahan. Karena banyak yang pesan untuk oleh-oleh,” kata dia, Sabtu (8/4/2023).

Karena banyaknya pesanan, ia mengaku terkadang sampai harus menolak permintaan. Sebab pihaknya kekurangan tenaga kerja untuk memproduksi adonan madu mongso yang ia olah secara tradisional.

Semua pekerjaan dari pengolahan sampai pengemasan masih dilakukan dengan cara manual atau menggunakan tenaga manusia.

“Saya sudah memaksimalkan potensi semua yang ada. Namun, sebanyak kita membuatnya mesti kurang. Istilahnya kita sampai kewalahan. Peminatnya melebihi dari target,” ungkap dia.

Dia menyebut, selama Ramadan ini pihaknya sudah menghabiskan hampir setengah ton ketan hitam dengan hasil jajanan madu mongso mencapai hampir satu ton produksi.

Adapun peminat madu mongso ketan hitam hitam buatannya tidak hanya dari lokal Pati saja, melainkan sudah merambah ke sejumlah daerah, termasuk ke luar Jawa, bahkan hingga ke Malaysia.

“Ini madu mongso dari ketan hitam. Mungkin pedagang lain buat dari ketan putih, tapi saya buat versi baru. Keistimewaannya dari madu mongso buatan saya ini, ada klethisnya, tidak terlalu lunak dan rasanya pastinya enak,” tandas dia.

Reporter : Putra
Editor : Revan Zaen.

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!