BeritaPatiwartaphoto

Manfaatkan Momen Ramadan, Siswa SMKN Jateng Pati Buat Kue Lebaran

828
×

Manfaatkan Momen Ramadan, Siswa SMKN Jateng Pati Buat Kue Lebaran

Sebarkan artikel ini

WARTAPHOTO.NET. PATI – Siswa SMK N Jateng di Kabupaten Pati memanfaatkan momen Ramadan dengan membuat kue kering. Kue-kue kering ini nantinya bakal dijual menjelang lebaran.

Adapun yang membuat kue kering itu adalah para siswa kelas 12 jurusan Agrobisnis Pengelohan Hasil Pertanian (APHP). Kue kering yang mereka buat bermacam-macam. Mulai dari nastar, thumbprint, choco ball, kue kacang hingga brownies krispi.

Ketua Jurusan APHP, Tinuk Karila mengatakan, para siswa memang dilatih untuk berwirausaha. Sebab itu menjadi bekal mereka ke depannya.

“Ini jajanan untuk lebaran. Alasannya untuk menumbuhkan jiwa wirausaha seorang anak. Supaya mereka memiliki bekal ketika lulus sekolah nantinya,” kata dia (18/3/2024).

Ia menjelaskan, Ramadan kali ini merupakan tahun ke tiga siswanya diajak membuat kue lebaran. Harapannya, kegiatan seperti ini dapat mengasah kemampuan dan menambah wawasan par siswanya.

“Harapannya ini tetap berjalan terus. Semoga ke depannya ada lagi dan semakin berkembang. Seperti pemasaran bisa merambah ke online,” jelas Tinuk.

Tinuk menuturkan, kue kering olahan siswanya ini nantinya bakal dibuat parsel lebaran. Produk ini akan dipadukan dengan sejumlah produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Kabupaten Pati.

“Kita kerja sama dengan Kupat (Komunitas UMKM Pati). Itu membantu sekali dalam proses pemasaran. Tapi siswa juga kami dorong untuk melakukan pemasaran. Jika ada jam produktif mereka kami beri waktu untuk menghubungi keluarga di rumah memasarkan kue kering yang sudah mereka buat,” tandas dia.

Reporter : Putra
Editor : A. Muhammad.

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!