wartaphoto

Rumah Sakit di Pati Telah Siagakan Ruang Isolasi Khusus Pasien Terinveksi Corona

51
×

Rumah Sakit di Pati Telah Siagakan Ruang Isolasi Khusus Pasien Terinveksi Corona

Sebarkan artikel ini

WARTAPHOTO.net.PATI – Sejumlah Rumah Sakit yang ada di Kabupaten Pati telah di cek kesiapannya oleh Bupati Pati Haryanto, terkait persiapan penanganan jika sampai menemui pasien terinfeksi virus corona.

Bupati Haryanto mengatakan, pengecekan kesiapan ini untuk meyakinkan kepada masyarakat bahwa pihaknya memiliki fasilitas ruang isolasi. Selain itu, pihaknya telah menyediakan cukup banyak seragam bagi para petugas. Oleh karena itu, ia mengimbau kepada masyarakat agar tidak perlu khawatir terhadap virus tersebut.

“Apabila terdapat indikasi, bisa langsung menghubungi petugas kesehatan dalam hal ini ialah puskesmas setempat yang kemudian akan di jemput dan dibawa ke rumah sakit,” jelasnya saat mengecek ruang isolasi di RSUD RAA Soewondo Pati (7/3/2020).

Ia mengingatkan jangan sampai masyarakat yang terindikasi tersebut malah pergi sendiri ke fasilitas kesehatan. Karena hal tersebut justru dapat menyebabkan penyebaran virus ke masyarakat luas.

“Minimal setiap rumah sakit baik negeri maupun swasta memiliki satu ruang isolasi. Sampai saat ini, meskipun ada laporan indikasi, tapi setelah dilakukan pemeriksaan intensif dan verifikasi, ternyata negatif dan hanya flu biasa,” tambahnya.

Sementara itu Direktur RSUD RAA Soewondo, Suworo Nurcahyono  mengatakan, jika ada warga dicurigai terkena virus corona, akan di masukkkan ke ruang isolasi dan menjadi pasien dalam pengawasan. Nantinya pihaknya juga akan berkoordinasi dengan dengan rumah sakit rujukan yang ada di Kudus dan Semarang.

“Apabila ada di antara warga Pati yang mengalami gejala virus corona dan memiliki riwayat perjalanan ke negara-negara yang mengalami wabah virus ini, kami sarankan untuk bersegera menghubungi petugas kesehatan,”jelasnya.

Reporter: Putra

Editor: Revan Zaen

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!