JatengNasionalParlemenwartaphoto

Marwan Jafar Sosialisasikan Empat Pilar Kebangsaan

26
×

Marwan Jafar Sosialisasikan Empat Pilar Kebangsaan

Sebarkan artikel ini

WARTAPHOTO.NET. PATI- Tantangan bangsa belakangan ini semakin berat. Selain menghadapi pandemi Covid-19,  bangsa juga dihadapkan dengan ancaman pihak tertentu yang menginginkan bangsa ini tercerai berai melalui pemahaman intoleransi dan radikalisme. Hal itu diungkapkan oleh Anggota MPR RI Marwan Jafar saat menghadiri secara virtual Sosialisasi Empat Pilar di Kecamatan Juwana Pati, Sabtu (30/1/2021).

Sosialisasi tersebut menyasar kalangan pemuda dan jajaran Dewan Koordinasi Anak Cabang (DKAC) Garda Bangsa Kecamatan Batangan, Juwana, Trangkil, dan Wedarijaksa. Dalam kesempatan acara yang menerapkan protokol kesehatan itu, Marwan mengajak masyarakat untuk tidak sekedar memahami nilai kebangsaan tetapi menjadikan laku hidup.

“Semua elemen masyarakat perlu semakin meningkatkan solidaritas kebangsaan untuk menjawab tantangan tersebut. Solidaritas merupakan bagian dari pemahaman atas nilai Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhineka Tunggal Ika,” kata dia.

Politisi asal Pati ini menjelaskan, penyelesaian persoalan bangsa membutuhkan keterlibatan semua warga negara. Sebab itu, solidaritas yang didasari atas nasionalisme dan patriotisme harus selalu dijaga dan ditingkatkan.

Mengenai banyaknya musibah yang saat ini melanda negeri, lanjut Marwan, maka berdampak pada aspek kehidupan. Mulai dari kesehatan, ekonomi, hingga aspek budaya dan sosial.

“Kebersamaan sangat dibutuhkan untuk mengatasi  masalah ini. Tidak itu saja, sekarang kita juga perlu bersama-sama menangkal dan melawan gerakan intoleransi dan radikalisme,” jelas Marwan.

Politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu menilai, mayoritas masyakat Indonesia masih memegang prinsip kebangsaan yang menyatukan keberagaman. Hal itu merupakan modal penting yang harus selalu dipupuk agar tantangan serta ancaman bangsa dapat diatasi bersama.

“Bangsa ini dapat bangkit dari keterpurukan kalau semua pihak bersinergi dalam bingkai persatuan. Pemerintah harus melayani rakyatnya dengan layak dan baik. Begitu pula masyarakat, juga saling mendukung demi kemajuan negeri yang penuh potensi ini,” jelas dia.

Marwan menambahkan, optimisme harus selalu dipupuk. Kehadiran negara dalam mengatasi berbagai persoalan bangsa, terutama dalam bidang kesehatan dan ekonomi dapat mendorong masyarakat untuk kembali optimistis menghadapi tantangan zaman.

Terkait adanya musibah yang saat ini melanda Imdonesia, Marwan juga menyampaikan rasa prihatin dan bela sungkawa yang mendalam. Sebab dampak dari bencana itu menyebabkan timbulnya korban jiwa dan kerugian materiil.

Dengan itu, Marwan meminta agar pemerintah beserta dengan seluruh elemen masyarakat bahu membahu membantu para korban.

Reporter : Putra
Editor : Revan Zaen

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!