wartaphoto

70 Bangunan di LI Diratakan dengan Tanah, 11 Alat Berat dan Ratusan Personel Gabungan Dikerahkan

38
×

70 Bangunan di LI Diratakan dengan Tanah, 11 Alat Berat dan Ratusan Personel Gabungan Dikerahkan

Sebarkan artikel ini

WARTAPHOTO.NET. PATI – Sebanyak 70 bangunan liar di bekas lokalisasi Lorok Indah (LI) yang berada di wilayah Kecamatan Margorejo, dirobohkan oleh pemerintah kabupaten Pati, Kamis (3/2/2022) pagi. Pembongkaran itu melibatkan sekira 800 personel yang terdiri dari TNI, Polri, dan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP). 11 alat berat dikerahkan untuk meratakan bangunan tersebut.

Bupati Pati Haryanto mengatakan, pihaknya melakukan pembongkaran bangunan di Lorok Indah ini lantaran bangunan yang ada tidak memiliki izin. Apalagi digunakan untuk tempat prostitusi.

“Sebelumnya juga sudah negosiasi, ada yang lewat camat, kasatpol, dan saya sendiri pernah komunikasi, namun tidak diindahkan. Sudah dikasih peringatan dan kesempatan pertama, kedua, ketiga, dan satu bulan untuk pengambilan barang-barang sebelum pembongkaran. Sesuai dengan aturan dan mekanisme perda aturan gedung, oleh karena itu kita bongkar sesuai peraturan perundang-undangan yang ada,” jelas Bupati.

Bupati menjelaskan, pihaknya melakukan pembongkaran sudah sesuai dengan SOP. “Dalam hal ini kita berbicara masalah aturan dan peraturan, bukan masalah hati. Karena masalah hati sudah kita sampaikan dari awal,” kata dia.

Terkait penghuni lokalisasi tersebut, sudah dipulangkan jauh-jauh hari. Sebab rata-rata merupakan warga luar daerah.

“Saya sudah berusaha dengan pak wakil melalui mediasi. Yang mau laundry kita kasih order 50 persen di Hotel Safin. Kemudian yang mau peternakan kita fasilitasi ada lahan. Yang mau buat jamur juga kita fasilitasi, yang mau jualan kita kasih (lapal) di Pragolo atau tempat lain yang kira-kira layak dan tidak melanggar undang undang,” sebut Haryanto.

Dia menambahkan, lahan bekas lokalisasi tersebut akan dikembalikan sesuai peruntukannya. “Lahannya kita buat pertanian. Bukan saya ambil. Yang saya persoalkan adalah bangunan liar dipakai prostitusi,” tandas dia.

Reporter : Arton
Editor : Revan Zaen

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!