BeritaPatiwartaphoto

Unik, Pengantin di Juwana Dikirab dengan Kereta Kencana

1702
×

Unik, Pengantin di Juwana Dikirab dengan Kereta Kencana

Sebarkan artikel ini

WARTAPHOTO. NET. JUWANA – Sepasang pengantin di Desa Bajomulyo, Kecamatan Juwana, Kabupaten Pati, dikirab menggunakan kereta kencana. Pengantin itu adalah Abdul Rizal Fauzi, putra H. Kunawi dengan Puji Lestari putri Bapak Sumardi.

Kirab dalam rangka tasyakuran pernikahan ini pun disambut meriah ribuan warga. Kedua pengantin tampak tersenyum sambil melambaikan tangan kepada warga.

Prosesi Kirab kereta kencana berangkat dari rumah mempelai pengantin di Desa Bajomulyo Kecamatan Juwana, kemudian menuju ke punden Den Ayu, punden Mbah Kliwon dan berakhir di Joglo kawasan industri perikanan jalan Datuk Lodang, tempat resepsi pernikahan pada Minggu (5/5/2024) pagi.

Adapun yang turut memeriahkan pasukan kirab pengantin ini antara lain, keluarga pengantin, Pakoso dari Mangkoedipoera, Surakarta, Demak, Jepara, Kudus dan Pati.

Komandan prajurit kuda pun terlihat gagah memandu iring-iringan kirab kereta kencana.

Sang mempelai laki-laki dan perempuan pun terlihat wibawa dan anggun dengan menggunakan pakaian adat jawa yang duduk di dalam kereta kencana.

Ribuan warga yang sudah menunggu sejak pagi terlihat antusias menyaksikan kirab tersebut. Mereka pun mengabadikan momen tesebut dengan telpon genggamnya.

“Meriah sekali acaranya. Baru kali ini di Juwana ada pengantin dikirab dengan kereta kencana dan diringi pasukan dari keraton. Dan acara kirab ini juga bisa menghibur masyarakat,” Kata Sugeng, salah satu warga setempat saat ditemui Wartaphoto.

Sementara itu, Raden Samudi, ketua panitia kirab mengatakan,  acara kirab dalam rangka tasyakuran pernikahan ini, dikonsep ala Kerajaan Jawa, dengan maksud untuk mendekatkan diri dengan adat Jawa.

“Selain kita uri-uri bersama budaya dan adat Jawa, kita juga memperkenalkan adanya pengantin baru kepada masyarakat,” ucap dia.

Reporter : Arton
Editor : A. Muhammad

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!