NasionalPatiwartaphoto

Komunitas Boemi Ajak Bersama Kurangi Sampah Plastik Serta Bagi Bagi Totebag Kain di Area CFD

40
×

Komunitas Boemi Ajak Bersama Kurangi Sampah Plastik Serta Bagi Bagi Totebag Kain di Area CFD

Sebarkan artikel ini

WARTAPHOTO.net. PATI. Momen Car Free Day (CFD) oleh Komunitas BOEMI dimanfaatkan untuk mengampanyekan gerakan mengurangi penggunaan sampah plastik. Aksi di depan kantor Kabupaten Pati ini juga diwujudkan dalam bentuk bagi bagi totebag dari kain bertuliskan “ Bersama Kurangi Sampah Plastik” kepada beberapa pengunjung.

Selain itu, himbauan untuk mengurangi penggunaan kantong plastik juga terus digaungkan. “Kami mengambil sampah dari sekitaran alun2 Pati yang hasilnya kemudian dijajar di depan kantor Kabupaten, agar masyarakat tahu bahwa masih ada sampah di depan mata kita dan mayoritas sampah yang ada adalah kantong plastik,” kata Haris Rubiyanto, Koordinator aksi.

Dirinya mengungkapkan bahwa ketika berbelanja atau membeli apapun sekiranya memerlukan kantong, bisa menggunakan kantong non plastik yang bisa berulang kali dipakai.

“Selain mengajak untuk menggunakan kantong plastic, kami juga mengajak masyarakat Kabupaten Pati untuk menggalakkan kegiatan membawa botol minum. Tujuannya juga sama, untuk mengurangi konsumsi botol plastic sekali pakai,” sambungnya.

Kegiatan ini juga didukung oleh SMA Negeri 1 Pati yang pada acara pagi ini mengajak siswa-siswinya untuk membawa botol minum dalam kegiatan mengisi car free day. Ada pula rekan-rekan dari lintas komunitas seperti ALiansi Reaja Independent (ARI Pati), Jargun, Palupi dan individu-individu lainnya.

“Harapan kami dari Komunitas BOEMI, kita semua tetap ingat bahwa ada banyak hal kecil yang bisa kita lakukan untuk upaya pelestarian lingkungan. Salah satunya adalah upaya pengurangan sampah plastik,” tuturnya.

Kegiatan ini adalah bagian dari rangkaian acara Hari Bumi. Totebag yang kami bagikan adalah hasil dari Donasi dari Lapak Sablon yang dilakukan secara keliling kecamatan minggu lalu.

Puncakknya adalah Penganugrahan Tokoh Lingkungan Kabupaten Pati yang akan dilakukan di Sekarjalak, Margoyoso. “Kami akan memberikan penghargaan kepada orang yang punya ide, gagasan serta upaya pelestarian lingkungan yang dilakukan secara sadar dan bisa menginspirasi kita semua,” pungkasnya.\

Reporter: Arton

Editor: Revan Zaen

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!