Patiwartaphoto

Peringati HUT ke-75 RI, Ziarah ke Makam Pahlawan Jadi Tradisi

14
×

Peringati HUT ke-75 RI, Ziarah ke Makam Pahlawan Jadi Tradisi

Sebarkan artikel ini

WARTAPHOTO.net, PATI – Meskipun peringatan HUT ke 75 Kemerdekaan RI tahun ini digelar secara terbatas lantaran masih adanya pandemi, Bupati Pati Haryanto mengatakan bahwa pihaknya tetap melaksanakan tradisi yang tidak dapat ditinggalkan seperti ziarah ke makam pahlawan.

“Walaupun diperingati secara terbatas, setidaknya kita tidak lupa bahwa sejarah dapat menunjukkan bahwa 17 Agustus 1945 merupakan kemerdekaan RI,” ujar Bupati Haryanto saat ditemui usai upacara, Senin (17/8/2020).

Ia berharap bahwa pandemi agar segera hilang, perekonomian kembali berjalan. Semoga masyarakat tetap taat dalam menerapkan regulasi yang ada. Mulai dari instruksi presiden, dari gubernur serta dari Bupati Pati.

“Kalau ingin kondisi segera pulih, maka harus bersama – sama dalam menerapkan protokol kesehatan. Namun, apabila sulit untuk menerapkannya, ekonomi pun akan terganjal, aktivitas tertunda dan seterusnya. Kan kita pasti tidak mau hal itu terjadi,” tegasnya.

Adapun Peraturan Bupati (Perbup) yang selama ini ada, tidak selamanya akan diterapkan, melainkan menyesuaikan realita yang ada di lapangan. Namun, melihat kondisi pandemi yang saat ini masih ada, pihaknya enggan untuk mengembalikan semuanya kembali normal seperti sediakala.

“Justru kalau kita melihat dari Inpres nomer 6 tahun 2020, itu kan malah pengetatan. Tetapi kan kita selama ini menerapkannya sesuai dengan kondisi dilapangan,” paparnya.

Bupati berharap, masyarakat dapat mengikuti regulasi yang ada demi penanganan pandemi mulai dari Inpres, Perbup, Instruksi Bupati yang harus diterapkan di desa – desa agar setelah salat maghrib, isyak dan shubuh mengumumkan agar masyarakat tetap menerapkan protokol kesehatan mulai dari memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dengan sabun tidak berkerumun.

Usai upacara, Bupati Pati, Wakil Bupati Pati dan Forkopimda pun melaksanakan ziaroh ke Taman Makam Pahlawan. Disini, dilaksanakan doa bersama bagi para pahlawan yang telah gugur.

Reporter :  Arton

Editor : Revan Zaen

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!