Pati

Bageng Diresmikan Jadi Desa Wisata, Unggulkan Pamelo yang Disebut Habib Syech sebagai Jeruk Surga

27
×

Bageng Diresmikan Jadi Desa Wisata, Unggulkan Pamelo yang Disebut Habib Syech sebagai Jeruk Surga

Sebarkan artikel ini

WARTAPHOTO.NET.PATI – Tetapkan sebagai desa wisata Kabupaten Pati, Bupati Pati Haryanto sebut Desa Bageng Kecamatan Gembong memiliki keunggulan utama jeruk pamelo. Citrus Maxima atau jeruk pamelo merupakan buah khas yang menjadi ikon utama Desa Bageng.

Pada peresmian yang dilaksanakan di lokasi Wisata Kebun Jeruk Pamelo desa setempat, Bupati Haryanto mengatakan Desa Bageng merupakan desa wisata ketiga di Kabupaten Pati yang diresmikan setelah Desa Talun Kecamatan Kayen dan Desa Tunggulsari Kecamatan Tayu.

Ia menyebut Terdapat beberapa kebun jeruk pamelo di Bageng, baik yang dimiliki pengelola desa wisata maupun warga setempat. Hal itulah menjadikan keunggulan utama yang diusung Desa Wisata Bageng.

“Jeruk pamelo Bageng ini rasa dan teksturnya istimewa. Berbeda dengan daerah lain. Bahkan Habib Syech menyebut jeruk pamelo sebagai buah surga. Berkali-kali saya bertemu beliau, yang ditanyakan adalah jeruk pamelo,” ungkap dia.

Haryanto berharap, penetapan Desa Bageng sebagai desa wisata bisa berdampak positif terhadap perekonomian masyarakat dan desa.
Ia berpesan pada pengelola untuk selalu berinovasi mengembangkan wisata petik jeruk pamelo.

Sementara itu, Kepala Desa Bageng Kusmanto mengatakan, selain jeruk pamelo, jika ditinjau dari aspek seni dan budaya, Bageng juga memiliki kesenian musik tradisional “cekekrek” yang menggunakan alat musik dari bambu.

“Bageng juga memiliki objek wisata unggulan, yaitu Air Terjun Banyulawe.
Air terjun ini berada di Dukuh Pondokan yang merupakan wilayah tertinggi di Desa Bageng. Kami juga berencana membangun camping ground di Bukit Tutupan untuk menjadi destinasi unggulan. Kami juga menyediakan home stay yang bersih, aman, dan nyaman. Aksesnya mudah dijangkau dan pemiliknya ramah,” tandasnya.

Reporter : Atron
Editor : A . Muhammad

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!