BeritaDPRD PatiParlemenPati

Banjir Bandang, Kondisi Hutan Gundul Pegunungan Kendeng Jadi Sorotan

111
×

Banjir Bandang, Kondisi Hutan Gundul Pegunungan Kendeng Jadi Sorotan

Sebarkan artikel ini

WARTAPHOTO.NET. PATI – Banjir bandang yang terjadi di wilayah Pati selatan, tepatnya di wilayah Kecamatan Sukolilo, Minggu (27/11/2022) sore, mendapat sorotan dari Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Pati.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pati, Martinus Budi Prasetya, mengatakan bahwa kondisi hutan gundul di wilayah pegunungan Kendeng menjadi penyebab utama terjadinya banjir bandang.

“Kalau untuk banjir yang terjadi kemarin di Wegil itu, memang karena kerusakan hutan kendeng yang mana sudah menjadi gundul,” kata dia.

Berdasarkan data, ketinggian rata-rata banjir yang menerjang permukiman warga sekitar 40 hingga 45 sentimeter.

“Untuk Wegil kemudian juga Prawoto, memang ada yang menerjang hingga memasuki rumah, untuk data detailnya kita belum ada, tapi secara rata-rata banjir kemarin sampai 45 sentimeter,” jelas dia.

Menanggapi hal itu, anggota DPRD Pati, Suyono, mengungkapkan perlunya tindakan rehabilitasi di kawasan  pegunungan Kendeng.

Menurut dia, salah satu jenis tanaman yang dapat dijadikan opsi yakni tanaman keras jenis buah.

“Terkait dengan rehabilitasi hutan di gunung Kendeng juga akan mengurangi dampak banjir yang ada. Untuk jenis ditanami pohon buah-buahan termasuk alpukat, matoa durian, mangga, kelengkeng, rambutan itu kan sangat cocok sekali di daerah itu,” pungkas dia.

Redaksi.

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!