Pati

Bupati Serahkan Bantuan Baznas Bagi 210 Fakir Miskin di Tayu

5
×

Bupati Serahkan Bantuan Baznas Bagi 210 Fakir Miskin di Tayu

Sebarkan artikel ini

WARTAPHOTO.net. TAYU. Bupati Pati Haryanto hari ini menyerahkan Bantuan Dana Konsumtif senilai Rp 52,5 jt bagi 210 orang fakir miskin di wilayah Kecamatan Tayu. Penyerahan bantuan dana dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Pati dilaksanakan di Masjid Besar Riyadlus Sholihin, Kecamatan Tayu.

Bupati Haryanto menjelaskan, penyerahan bantuan tersebut bukan kali pertama, melainkan sudah bertahun-tahun bergulir. Bantuan konsumtif maupun produktif sudah tiap tahun di gulirkan, selain itu ada pula bantuan terhadap korban bencana, bantuan beasiswa, dan lain-lain.

Meski bantuan yang diterima tidak banyak, Haryanto mengajak seluruh penerima bantuan untuk bersyukur. Sebab, tidak semua orang mendapatkannya.

“Meski nilainya tidak seberapa semoga bantuan ini paling tidak bisa sedikit menambah pemenuhan kebutuhan, minimal sehari dua kali. Kita syukuri nikmat dari Allah ini,” ucapnya.

Dengan nada bergurau, Haryanto juga menyampaikan bahwa bantuan yang diterima masyarakat hari itu bebas digunakan untuk membeli barang kebutuhan apa pun, tanpa ada beban politik. ” Kan tidak diminta nyoblos siapa pun setelah menerima (bantuan-red) ini,” gurau Haryanto diikuti tawa hadirin.

Sumber dananya adalah gaji ASN yang dipotong 2,5 persen. “Padahal itu belum menyentuh pengusaha se-Kabupaten. Misal seluruh pengusaha di Pati dilibatkan dalam program ini, saya kira semakin banyak pihak yang bisa dikurangi bebannya,” ucapnya.

Dalam laporannya, Ketua Baznas Pati Imam Zarkasi mengatakan warga penerima bantuan kali ini berasal dari 21 desa yang ada di Kecamatan Tayu.

“Ada 10 orang penerima bantuan per desa yang masing-masing mendapatkan Rp 250 ribu. Meski nilainya tidak seberapa, diharapkan bantuan tersebut menjadi rezeki yang barokah bagi penerima bantuan,” harap Imam Zarkazi.

Menurut Imam Zakarsi, pada hari yang sama Basnaz juga akan melanjutkan menyalurkan bantuan sejenis kepada 180 fakir dan miskin dari 18 desa di Kecamatan Dukuhseti.

Sementara itu, pada Kamis (2/5) mendatang Basnaz Pati juga akan menyalurkan bantuan beasiswa bagi masyarakat kurang mampu. Bantuan senilai Rp 370 juta tersebut akan disampaikan secara simbolis pada upacara peringatan hari pendidikan nasional.

Ia menjelaskan, seluruh program sosial dari Basnaz dapat terlaksana berkat kerjasama Aparatur Sipil Negara (ASN), Bupati dan jajarannya, serta Basnaz.

Sumber bantuan ini berasal dari infaq dan shadaqah ASN yang dihimpun Basnaz. Pada 2018 terkumpul dana Rp 2,3 miliar. “Alhamdulillaah bisa disalurkan kepada yang berhak,” ungkapnya.

Satu di antara penerima bantuan, Imam Rusono (35), mengaku sangat terbantu dengan adanya bantuan tersebut. Warga difabel asal Dukuh Krajan RT 01 RW 7, Desa Pakis, Kecamatan Tayu tersebut mengaku akan menggunakan uang bantuan yang ia terima untuk menambah modal usaha. “Saya dan ayah saya punya usaha membuat wayang mainan dari kertas duplex,” tuturnya.

 

Reporter: Arton

Editor: Revan Zaen

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!