Pati

Pertama di Jateng, SMA N 2 Pati Kembalikan Rp 209 Juta SPP Siswa

169
×

Pertama di Jateng, SMA N 2 Pati Kembalikan Rp 209 Juta SPP Siswa

Sebarkan artikel ini

WARTAPHOTO.NET, PATI – Salah satu sekolah Negeri favorit di Bumi Mina Tani, yakni SMA Negeri 2 Pati kini telah menggratiskan uang Sumbangan Pengembangan Pendidikan (SPP). Adapun pengembalian uang itu menyusul program SPP gratis bagi pelajar SMK, SMA, SLB negeri di Jawa Tengah per Januari 2020, seperti arahan Gubernur Ganjar Pranowo.

Selain menggratiskan SPP, Ganjar meminta agar sekolah mengembalikan uang SPP siswa yang sudah terlanjur dibayar. Sementara, SMAN 2 Pati menjadi SMAN pertama di Jawa Tengah yang menindaklanjuti kebijakan Ganjar.

Kebijakan itupun langsung dilakukan pada Januari ini pula. Bahkan Jumat (10/1) kemarin sekolah mengembalikan uang SPP siswa yang telah terlanjur dibayarkan. Total ada ratusan juta yang dikembalikan ke orang tua.

Kepala Sekolah SMA N 2 Pati Budi Santosa mengatakan, berdasarkan instruksi Gubernur terkait pembebasan SPP per bulan Januari ini, pihak sekolah sikapi dengan segera mengembalikan kelebihan bayar yang ada. Total sebanyak Rp 209.420.000 yang dikembalikan kepada 486 orang tua siswa.

“Pengembalian itu diberikan secara langsung kepada orang tua siswa. Mereka mendapatkan uang tunai sesuai dengan kelebihan dari SPP yang sudah dibayarkan,” jelasnya

Sebagai gantinya, pemerintah provinsi per tahun memberikan BOSDA atau Bantuan Operasional Pendidikan (BOP) bagi siswa per tahunnya. Kini pihaknya akan siap mengoptimalkan anggaran tersebut secara efektif dan efisien.

“Kami juga begitu mendukung dan mengapresiasi. Karena tentunya bisa meringankan beban pendidikan,” jelasnya.

 

 

Reporter : Putra

Editor : Revan Zaen

 

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!