Pati

PETRA Mengajar, Kegiatan Positif Pemuda Trangkil Berikan Pendampingan Anak Belajar di Situasi Covid-19

78
×

PETRA Mengajar, Kegiatan Positif Pemuda Trangkil Berikan Pendampingan Anak Belajar di Situasi Covid-19

Sebarkan artikel ini

WARTAPHOTO.net. TRANGKIL. Masa pandemi covid-19 yang berdampak pada metode pendidikan yang semula tatap muka menjadi daring memunculkan persoalan lain. Utamanya bagi siswa usia SD.

“Siswa SD diberikan tugas yang kemudian harus dikerjakan dalam bimbingan orang tua. Dalam realitanya, banyak orangtua yang tidak siap dalam pendampingan anak belajar. Entah itu dari segi waktu bagi para pekerja pabrik dan kantor, maupun kesabaran dalam menghadapi sikap anak. Akhirnya sering kami melihat orang tua membentak anak, bahkan ibu dan ayah cekcok karena tugas anak,” ungkap Hariyono, dari komunitas PETRA Mengajar.

PETRA Mengajar adalah kegiatan dari pemuda desa Trangkil dalam rangka mengatasi persoalan di masyarakat khususnya dalam sektor pendidikan anak SD.  Dilaksanakan setiap Hari Minggu pagi di basecamp Petra yang berlokasi di Jl Flamboyan 2 RT 3 RW 4.

“Kami menghadirkan sebuah ruang belajar bagi anak SD kelas 1-6 disokong oleh tenaga-tenaga relawan dengan latar belakang beragam. Ada tenaga pengajar SD, guru PAUD, mahasiswi, dan potensi-potensi lain ditingkat desa,” sambungnya.

Dalam aktifitasnya, PETRA Mengajar diawali dengan mereview tugas-tugas anak dari sekolah. Apakah sudah selesai atau belum. Jika belum akan dibantu para relawan untuk menyelesaikannya. Kemudian sesi belajar akan diisi dengan materi tambahan seperti Matematika dan Bahasa Inggris. Pemilihan materi ini karena ketersediaan keahlian tenaga pengajar. Bisa saja diwaktu yang akan datang akan berkembang materi pendidikan yang lain.

PETRA Mengajar juga menerapkan protokol kesehatan seperti menyediakan tempat cuci tangan, mewajibkan siswa memakai masker dan menjaga jarak dalam pembelajaran.

Pada akhir Agustus, Petra Mengajar sudah berjalan 4 minggu dengan siswa didik sekitar 14 anak dengan tenaga relawan pengajar 5 orang. Bahkan ada yang berasal dari lain desa yang mau meluangkan waktu.

PETRA adalah perkumpulan pemuda desa, warga Desa Trangkil khususnya yang bertujuan untuk membentuk organisasi yang sehat melalui karakter pemuda yang jujur, kreatifitas dan ikhlas mengabdi pada masyarakat demi terwujudnya kesejahteraan masyarakat.

Simpati masyarakat juga mulai muncul. Diantaranya ada yang  memberikan donasi uang kepada Petra Mengajar yang kemudian dibelikan papan tulis 3 pcs, kamus Bahasa Inggris-Indo yang bisa dipakai anak-anak kapan saja.

Reporter: Revan Zaen

Editor: A. Muhammad

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!