BeritaPatiwartaphoto

Tanggul di Ketitangwetan Batangan Kembali Jebol, Warga Gotong Royong Memperbaiki secara Mandiri

94
×

Tanggul di Ketitangwetan Batangan Kembali Jebol, Warga Gotong Royong Memperbaiki secara Mandiri

Sebarkan artikel ini

WARTAPHOTO.NET. PATI – Tanggul sungai Widodaren yang melintasi Desa Ketitangwetan, Kecamatan Batangan, Kabupaten Pati, kian memprihatinkan. Pasalnya, tanggul itu kembali jebol hingga menyebabkan banjir di desa setempat pada Sabtu (12/11/2022) lalu.

Warga pun berharap agar Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) segera menangani tanggul tersebut. Sebab mereka khawatir, akan terjadi banjir lagi jika ada hujan lebat.

Karena warga merasa resah, mereka akhirnya berinisiatif melakukan perbaikan tanggul secara darurat. Mereka begotong royong membenahi tanggul jebol tersebut dengan menggunakan peralatan seadanya.

Bhabinkamtibmas desa Ketitangwetan juga tampak membantu proses perbaikan tanggul sementara itu.

Kepala Desa Ketitangwetan, Ali Muntoha mengatakan, warganya secara mandiri memperbaiki tanggul itu dengan trucuk bambu dan karung yang diisi tanah.

“Hal itu dilakukan agar tak terjadi banjir lagi mengingat saat ini masih sering hujan deras terutama di Pegunungan Kendeng,” terang dia.

Dia menjelaskan, tanggul yang jebol panjangnya mencapai 25 meter. Sehingga perbaikan secara permanen dinilai sangat mendesak untuk dilakukan.

“Padahal saat ini baru awal musim penghujan. Kalau tidak segera ditangani tentu akan berdampak banjir susulan,” kata dia.

Dia menambahkan, adanya banjir sangat dikeluhkan oleh warganya. Karena selain menganggu aktivitas, banjir juga dapat mengancam perekonomian warga.

“Kalau tergenang sawahnya akan lama surut. Kalau sudah begitu tentu akan rawan puso atau gagal panen,” tandas dia.

Reporter : Putra
Editor : Revan Zaen.

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!